Selamat Datang di Blog Red3Land Dan Terimah Kasih Atas Kunjungannya

Selasa, 28 Agustus 2012

JOAN VIOLET ROBINSON (1903 - 1983)


Selain JM Keynes, ada pula seorang ekonom perempuan yang juga memberikan pengaruh kuat pada pemikiran ilmu ekonomi di inggris. Ia bernama Joan Violet Robinson (1903-1983). Joan adalah orang yang gencar sekali menyuarakan gagasan-gagasan Keynes. Dalam bukunya yang terkenal  The Economic Of Imperfect  Competition (1933), ia mengatakan bahwa pengeluaran pemerintah itu sangat penting untuk menggerakan  prekonomian suatu negara. Apabila pemerintah membelanjakan banyak uang  untuk membangun berbagai sektor produksi , kesempatan kerja akan terbuka lebar bagi rakyat banyak. Rakyat yang bekerja pada akhirnya akan membuet tingkat permintaan pun melonjak , karena tentu mereka akan membelanjakan pendapatannya atas berbagai kebutuhan mereka. Dengan kata lain, rakyat melakukan kegiatan konsumsi . Kegiatan konsusi ini tidak menemui hambatan karena penawaran dari sektor produksi telah tersedia bagi mereka. Penawaran yang cukup bagi permintaan rakyat itu sudah pasti terpenuhi karena sebelumnya pemerintah telah cukup pula membagun sektor produksi. Pergerakan permintaan dan penawaran inilah yang membentuk harga dipasar, dan pergerakan ini pulalah yang membuat roda prekonomian melaju.
Joan Violet Robinson juga menenkankan peran pemerintah dalam menentukan besarnya pendapatan yang diterima para pemilik perusaahan dan para pekerja. Dengan terlibatnya pemerintah dalam hal ini, diharapkan pemerataan pendapatan dapat tercipta.
Joan kuliah di Cambridge University pada tahun 1925, dan ia menjadi profesor di sana sampai tahun 1973. Buku-bukunya yang lain adalah Marxian Economics (1952) dan Economic Heresies (1971).

Posting Komentar

Next Prev home