Selamat Datang di Blog Red3Land Dan Terimah Kasih Atas Kunjungannya

Kamis, 04 Oktober 2012

Pilih Karir "Persiapan Bertarung Di Pasar Tenaga Kerja"


Pilih Karir “Persiapan Bertarung Di Pasar Tenaga Kerja”
Memilih karir merupakan salah satu keputusan paling pentingdalam kehidupan kita. Sebuah karier harus benar-benar bisa menjamin kelangsungan hidup kita. Karier juga harus memuaskan kita secara batiniah. Karenanya, Keputusan karier adalah hal yang sangat penting dan perlu dipikirkan masak-masak sedini mungkin. Jika pilihan kita tetap, maka selapas pendidikan nanti, kita sudah siap untuk bertarung di percaturan pasar tenaga kerja. Sekaranglah saat bagi kalian untuk mulai memikirkannya. Jangan tunda lagi!
Ada banyak faktor yang mempengaruhi pilihan seseorang terhadap karier tertentu. Di antara berbagai faktor itu adalah minat dan kemampuan, pendidikan, tempat tinggal, serta jumlah waktu yang diinginkan. Jumlah waktu yang aktual dimana seseorang dapat bekerja secara efektif juga merupakan faktor yang penting. Sebagai contoh, sebagian orang menjalani dua pekerjaan sekaligus, entah karena harus mengasuh anak atau mengambil kursus siang hari, sehingga tidak memungkinkan baginya untuk bekerja selama waktu kerj normal. Oleh karenanya, ia harusmemikirkan berapa lama ia bisa bekerja secara efektif.
Mengetahui minat dan kemampuan kita merupakan hal yang penting sebelum memutuskan untuk mengambil karier tertentu. Untu kmengetahui minat dan bakat, kita bisa menghubungi konsultan atau psikolog. Mereka biasannya memiliki perangkat untuk mengetes kemampuan dan minat kita terhadap berbagai bidang pekerjaan.
Faktor kedua yang perlu kita perhatikan adalah pendidikan atau pelatihan. Seberapa banyak persiapan yang perlu kita lakukan untuk menekuni pekerjaan tertentu? Seberapa tinggikah pendidikan yang kita tempuh sebelum menekuni bidang pekerjaan tertentu? Apakah harus masuk jurusan IPA, IPS, atau Bahasa? Apakah harus meneruskan ke fakultas teknik, ekonomi, kedokteran, filsafat, atau kesekretarian? Ataukah cukup dengan kursus-kursus saja? Meski tidak selamanya benar, Kebanyakan pekerjaan berpenghasilan tinggi menuntut pendidikan tinggi pula. Apakah kita sudah siap akan biaya dan waktu?
Dimana kita tinggal, atau dimana kita akan memilih tempat tinggal juga dapat berpengaruh terhadap pilihan karakter kita. Sebagai contoh, jika kita ingin menjadi artis misalnya, mungkin sebaiknya kita ke kota besar, seperti Jakarta mengingat industry perfilman lebih banyak berada di kota besar. Contoh lain, jika kita tidak suka kebisingan dan lebih senang tinggal di desa sebagai ahli pertanian, perkebunan, atau dokter dan bidang dipuskesmas pedesaan. Apabil kita tidak mau pindah kekota lain, mungkin sebaiknya kita memilih pekerjaan yang tersedia di sekitar kota tempat kita bermukim.
Pada saat ini semakin banyak orang yang mengalami kesulitan dalam membagi waktu mereka antara pekerjaan dan kehidupan di rumah. Memiliki pekerjaan yang bersifat fleksibel adalah salah satu cara untuk mengatasinya. Sebagian orang memilih untuk bekerja secara part time saja. Kadang-kadang adapula dua orang yang bersama-sama melakukan satu  pekerjaan.Artinya satu orang melakukan pekerjaan setengah dari pekerjaan dan menerima setengah dari pembayaran, satu orang lagi mengambil bagian setengahnya lagi, Ada pula yang bekerja dirumah, seperti seniman dan arsitek.

Posting Komentar

Next Prev home