Selamat Datang di Blog Red3Land Dan Terimah Kasih Atas Kunjungannya

Kamis, 01 November 2012

AIR


Semua reaksi kimia terjadi pada medium air. Lebih kurang 70% berat tubuh manusia terdiri atas air. Air berguna untuk melakukan proses metabolisme dalam tubuh seperti pencernaan, ekskresi, penguapan, dan lain-lain; mengangkut nutrisi keseluruh tubuh; mengangkat sisa metabolisme dari jaringan ke luar tubuh; dan merupakan komponen protoplasma, darah, dan linfa. Air dapat diperoleh dari air minum, makanan, buah, dan sayuran.
Kita perlu minum air 2,5 liter setiap harinya karena setiap hari badan kita kehilangan 2,5 liter. Air keluar dari tubuh kita sebagai air kencing, bersama feses, keringat, dan berupa uap air dari paru-paru.
Pengaturan rumah tangga air diatur dikendalikan oleh hormon. Kelenjar –kelanjar hipofise dan anak ginjal mengatur keseimbangan cairan dari darah dan cairan tubuh, serta mengatur penyerapan air dari usus yang pengeluarannya  melalui ginjal.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa zat makanan berdasarkan fungsinya dikelompokkan menjadi tiga sebagai berikut.
a.      Sebagai zat penghasil energi, yaitu; lemak, karbohidrat, dan protein.
b.      Sebagai zat pembangun, yang berfungsi dalam pembentukan sel dan pembaruan sel yang rusak. Yang termaksud zat pembagun adalah protein.
c.       Sebagai zat pengatur, yang mengatur fungsi tubuh, yaitu dilakukan oleh vitamin , mineral, dan air.

Posting Komentar

Next Prev home